Persembahyangan Bersama di Hari Siwaratri, Memahami Makna dan Filosofinya

  • 23 Januari 2020
  • 188 Pengunjung
Persembahyangan Bersama di Hari Siwaratri, Memahami Makna dan Filosofinya

Kamis, 23 Januari 2020 adalah Hari Raya Siwaratri bagi umat Hindu. Seluruh warga SMAN 3 Denpasar mengadakan persembahyangan bersama. Siswa, guru dan pegawai melakukan persembahyangan dengan khidmat. 

Sebelum persembahyangan, Dra Ni Luh Suryati, M.Pd.H memberikan dharma tula dengan tajuk "Tetuek Siwaratri". Dengan gaya kekinian, salah satu guru yang terkenal dengan disiplinnya ini memberikan pemahaman bagaimana melaksanakan Hari Siwaratri dengan baik dan benar serta tidak keliru makna. Seperti pada pelaksanaan brata pada Hari Siwaratri, mono brata yang bermakna tidak berbicara atau menjaga dan mengendalikan perkataan; upawasa yang bermakna puasa atau tidak makan dan minum, kemudian ditekankan bagaimana mengendalikan pola makan serta memilih asupan yang tepat untuk tubuh. Yang terakhir adalah jagra yaitu tidak tidur semalam suntuk dengan penekanan kepada peningkatan kewaspadaan. 

Kemudian ditekankan kembali oleh Bapak Kepala SMAN 3 Denpasar, Drs. Ida Bagus Sudirga, M.Pd.H penting bagi siswa untuk selalu mengikuti tata krama dan etika. Siswa juga diingatkan untuk melaksanakan Hari Siwaratri dengan baik dan benar seperti bermain game saat melakukan jagra, karena akan menjadi tidak tepat. Kemudian melakukan tapa yang benar. 

Selamat Hari Siwaratri untuk seluruh warga SMAN 3 Denpasar dan masyarakat umat Hindu. Jayalah Trisma.

  • 23 Januari 2020
  • 188 Pengunjung

Lainnya

Pencarian

 

Galeri Video & Foto

Galeri Foto Foto Lainnya
Galeri Video Video Lainnya